Embung Gunung Panggung Dekat Hutan Pinus, Telaga Manis Buatan

Lagi-lagi Gunungkidul akan memperkenalkan satu tempat wisata alami terbarunya. Selain Embung Batara Sriten yang berada di Nglipar, Gunungkidul juga memperkenalkan Embung Gunung Panggung dekat Hutan Pinus yang berlokasi di Tambakromo, Kapanewon Ponjong, tepatnya di Dusun Klepu.

Telaga buatan yang berada di puncak Gunung Panggung tersebut menawarkan ikon berupa dataran tinggi berketinggian 500 meter dengan panorama Waduk Gajah Mungkur yang terlihat lebih jelas dan nyata.

Embung Gunung Panggung dekat Hutan Pinus, Telaga Manis Buatan
indonesiasri.blogspot.com

Daya Tarik Embung Gunung Panggung Dekat Hutan Pinus

Pada akhir Maret 2015, pembangunan Embung Gunung Panggung dinyatakan telah selesai. Berfungsi sebagai tampungan penyiraman buah dan konsumsi air warga sekitar, lapisan lubangan embung menggunakan pelapis kedap air geomembran yang diimpor langsung dari Thailand.

Sebagai upaya untuk mencegah geomembran tidak bersentuhan langsung dengan batu, maka embung juga dilapisi dengan geotekstil guna mencegah kebocoran.

Lokasi Embung Gunung Panggung

Wisata embung ini berada di Dusun Klepu, Desa Tambakromo, Kapanewon Ponjong di Gunungkidul. Jarak untuk mencapai embung kira-kira sekitar 65 Km dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi dari pusat kota Jogja.

Untuk menuju sampai ke embung, Anda bisa memanfaatkan Google Map. Rute menuju embung juga masih ekstrem.

Embung Gunung Panggung cocok dipilih bagi para pecinta trekking. Pasalnya, untuk benar-benar sampai ke lokasi embung, Anda harus melakukan perjalanan sekitar 10 hingga 15 menit dari parkiran. Trekking yang dilalui berupa medan yang terjal, menanjak, dan berbatu.

Sepanjang trekking tersebut, Anda akan menikmati lingkungan sekitar embung yang masih sangat natural dan sejuk. Kemungkinan hal ini terjadi karena lokasi embung berbatasan langsung dengan Hutan Pinus Eromoko.

Panorama Embung Gunung Panggung Dekat Hutan Pinus sebagai Spot Foto Menarik

Berkunjung ke Embung Tambakromo tak lengkap rasanya jika tidak mengambil beberapa gambar sebagai kenang-kenangan. Dari beberapa arah,  pengunjung dapat memanfaatkan setiap sudut dari embung untuk spot foto mereka.

Terdapat beberapa papan yang dipasang di pohon-pohon besar yang dapat dinaiki oleh pengunjung. Hanya saja pengunjung jangan sampai melebihi kapasitas saat menggunakan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Fasilitas lain untuk spot foto berupa perahu dari kayu, menara, dan spot foto romantis berlambang cinta.

Luas Waduk Gajah Mungkur Wonogiri akan terlihat jelas jika dilihat dari sebelah Timur puncak Gunung Panggung. Pemandangan Kapanewon Semin dan Kabupaten Sukoharjo juga puas Anda saksikan dari arah Utara lereng.

Hal yang tak kalah seru dan menarik adalah panorama hamparan Pegunungan Seribu yang menakjubkan juga bisa Anda nikmati di bagian Barat dan Selatan Embung. Tak hanya sampai di situ, pemandangan berupa sengkedan yang terbentuk dari sawah-sawah penduduk pun juga terlihat mempesona sehingga menambah lengkap harmoni alami di Embung Gunung Tambakromo.

Berburu Sunset di Embung Gunung Batu

Hal yang tak kalah menarik lainnya adalah pengunjung dapat berburu sunset dan sunrise di sini. Yah, berada di puncak Timur Gunungkidul, Embung Gunung Panggung dekat Hutan Pinus merupakan tempat yang tepat Anda jadikan tempat untuk berburu keindahan sunset dan sunrise.

Sudah terbayangkan bagaimana menyaksikan sunset dari puncak embung tersebut. Jangan lupa untuk mengabadikannya melalui kamera ponsel Anda.

Akses jalan yang menanjak dan menikung tajam adalah hal yang harus Anda perhatikan saat hendak mengunjungi Embung Tambakromo ini. Pastikan Anda dan kondisi kendaraan yang digunakan benar-benar dalam kondisi prima.

Besar harapan warga sekitar agar Embung Gunung Panggung dekat Hutan Pinus terus berkembang dan dapat meramaikan pariwisata Gunungkidul dan Jogja. Mari dukung kemajuan Gunungkidul melalui wisata alam dan kuliner yang telah ada.